Bimtek DPRD Tentang Pelayanan Prima Sekretariat DPRD Terhadap Pimpinan dan Anggota DPRD

BIMTEK DPRD DAN POLITIK

Kepada Yth,,

Pimpinan dan Anggota DPRD Serta Sekretariat DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota Seluruh Indonesia

Dengan Hormat,

Mengelola administrasi daerah merupakan salah satu fungsi utama dari kesekretariatan DPRD. Pengelolaan tersebut meliputi kegiatan menyusun program, tata usaha, keuangan, kepegawaian, perlengkapan, dan kegiatan rumah tangga. Hal-hal menyangkut administrasi daerah lain merupakan kehumasan, kearsipan, serta kepustakaan juga menjadi tanggung jawab kesekretariatan DPRD.

Beberapa fungsi selanjutnya adalah menyampaikan kegiatan ketua dan anggota DPRD. Selain itu juga menyampaikan data hasil pembangunan serta info-info lain mengenai layanan publik. Sekretariat DPRD berfungsi pula sebagai pengevaluasi dan pelaporan tugas pokok dan fungsi. Tugas pokok dan fungsi di atas merupakan gambaran umum dan dapat berbeda tergantung kebijakan setiap daerah.

BIMTEK DPRD DAN POLITIK

Banyaknya pelayanan dalam bentuk tugas pokok dan fungsi kesekretariatan DPRD, diimbangi dengan bagian-bagian yang berada dalam susunan organisasi kesekretariatan DPRD. Contoh susunan organisasi misal dari Pemerintahan Malang yang tersusun dari Bagian Umum, Keuangan, Hubungan Antar Masyarakat dan Lembaga, dan Bagian Persidangan dan Perundang-undangan.

Bagian-bagian tersebut kemudian akan menjalankan masing-masing tugas dan fungsinya. Tugas dan fungsi dari ke empat bagian, merupakan penjabaran dari tugas pokok dan fungsi yang telah dijabarkan sebelumnya. Tertulis dalam pasal berbeda untuk setiap bagian. Ke empat bagian tersebut akan dipimpin oleh satu kepala yang bertanggung jawab langsung kepada sekretaris DPRD.

BIMTEK DPRD DAN POLITIK

Tugas pokok serta fungsi yang telah tersusun dalam peraturan setiap pemerintahan daerah itulah menjadi dasar bagaimana sekretariat DPRD bekerja. Pelaksanaan tugas pokok dan fungsi tersebut dapat maksimal atau tidak hasilnya. Hal itu menjadi gambaran pelayanan prima seperti apa yang diberi oleh sekretariatan DPRD sebagai bentuk tanggung jawab kepada pimpinan dan anggota DPR.

Dalam rangka memantapkan pemahaman mengenai Fungsi dan Wewenang DPRD dalam Penguatan Hard dan Soft Skills bagi Anggota DPRD Purnabakti, maka Pusat Kajian Keuangan dan Pemerintahan Daerah ( PKK-PEMDA). menyelenggarakan Bimbingan Teknis  – Bimtek DPRD Tentang Pelayanan Prima Sekretariat DPRD Terhadap Pimpinan dan Anggota DPRDdengan Narasumber yang berpengalaman dan ahli di bidangnya, dari Badan Kepegawaian Negara, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Lembaga Administrasi Negara, Kementerian Keuangan, BAPPENAS, BPK RI, BPKP Pusat, Kementerian Dalam Negeri dan IPDN serta dari UNIVERSITASyang diselenggarakan oleh Pusat Kajian Keuangan dan Pemerintahan Daerah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk acara Bimbingan Teknis, Pendidikan dan Pelatihan maupun Sosialisasi program serta undang-undang pemerintah di Bidang DPRD.

BIMTEK KEUANGAN

Jadwal Bimtek DPRD 2019

JanuariFebruariMaret
Selasa – RabuJumat – SabtuSelasa – Rabu
01 – 02  Jan  201901 – 02  Feb  201901 – 02  Mar  2019
Jumat – SabtuSelasa – RabuJumat – Sabtu
04 – 05  Jan  201905 – 06  Feb  201904 – 05  Mar  2019
Selasa – RabuJumat – SabtuSelasa – Rabu
08 – 09  Jan  201908 – 09  Feb  201908 – 09  Mar  2019
Jumat – SabtuSelasa – RabuJumat – Sabtu
13 – 14    Nov  201812 – 13  Feb  201911 – 12  Mar  2019
Selasa – RabuJumat – SabtuSelasa – Rabu
15 – 16  Jan  201915 – 16  Feb  201915 – 16  Mar  2019
Jumat – SabtuSelasa – RabuJumat – Sabtu
18 – 19  Jan  201919 – 20  Feb  201918 – 19  Mar  2019
Selasa – RabuJumat – SabtuSelasa – Rabu
22 – 23  Jan  201922 – 23  Feb  201922 – 23  Mar  2019
Jumat – SabtuSelasa – RabuJumat – Sabtu
25 – 26  Jan  201926– 27  Feb  201925 – 26  Mar  2019
Selasa – RabuSelasa – Rabu
29 – 30  Jan  201929 – 30  Mar  2019
BIMTEK KEPEGAWAIAN
TEMPAT PENYELENGGARAAN BIMTEK
N0 HOTELKOTA
1OASIS AMIRJAKARTA
2IBIS TRANS STUDIOBANDUNG
3EDEN KUTABALI
4ABADI JOGJAYOGYAKARTA
5NAGOYA PLASABATAM
6GOLDEN PALACELOMBOK
7IBIS CITY CENTERMAKASSAR
8TUNJUNGAN PLAZASURABAYA
9ARIA GAJAYANAMALANG

 

Informasi :

Konfirmasi /Pendaftaran dapat menghubungi Contact Person, 3 hari sebelum pelaksanaan pelatihan
Biaya Kontribusi untuk satu pelaksanaan Pelatihan sebesar Rp. 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
Biaya yang tercantum sudah termasuk : penginapan selama 4 hari 3 malam, modul, tas, materi/makalah, FD materi, sertifikat dan konsumsi/coffee break selama pelatihan berlangsung

Kami melayani permintaan kegiatan di luar daerah dengan waktu/tempat dan materi yang disesuaikan berdasarkan permintaan (minimal 7 orang peserta).

Konfirmasi Pendaftaran :

  1. Tlp/Fax : 021 352 4355
  2. HP/WA : Faisal : 0813 357 44 271
  3. HP/WA : Fitri : 0852 8965 3299
  4. Email : pusdiklat.kemdagri@gmail.com

Pusdiklat Kemendagri

Bimtek Keuangan

Pusat Diklat Keuangan dan Kajian Permendagri (PDK-KP) dibentuk dalam rangka melaksanakan kegiatan: 1.Bimbingan Teknis, 2. Pendidikan & Pelatihan, 3. Konsultasi, Seminar, 4. Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah. PDK-KP telah dan terus menjalin hubungan dan kerjasama dengan berbagai pihak seperti lembaga-lembaga swasta dan pemerintah, instansi pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah, perguruan tinggi di pusat maupun di daerah, perusahaan BUMN dan swasta, lembaga-lembaga swadaya masyarakat dan lain-lain.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
WhatsApp Vanessa